MEMAHAMI PELAJARAN

“Papa..kok semakin kesini pelajarannya semakin susah ya?”
“Kok aku gak paham-paham ya dengan pelajaran ini?”

Kalian pasti sering mendengar kalimat,”bisa karena terbiasa”. Kalimat ini sudah umum terdengar oleh semua orang. ketika kita belajar pasti kalian memiliki harapan untuk memahami pelajaran dengan baik. Tapi kita pasti menemui halangan untuk bisa memahami pelajaran. Alhasil, kita menjadi mudah kesal, sedih, dan malas belajar karena sulitnya kita dalam memahami pelajaran.

Nah gimana caranya itu?                    

Kita sebelum belajar di sekolah, kita tentunya pasti belajar dulu kan. Tapi sebelum kita belajar, kita harus mengetahui tujuan kita belajar tentang hal itu apa sih?. Apa dampaknya pelajaran itu terhadap dunia nyata?. Mengapa kita harus pelajari hal itu?.
Setelah itu kalian pelajari tentang hal itu dengan banyak tipe sesuai mana yang kalian suka. 

Tipe belajar itu ada tiga, yaitu kinestetik, audio, dan visual. Kita pasti bisa belajar dari sumber mana saja, tanpa harus diajarkan oleh guru terlebih dahulu.
Kita pastinya harus memulai belajar dengan niat yang kuat, sehingga kita tak mudah patah semangat dalam belajar, apalagi kapasitas otak kita menampung sesuatu sebesar pentabyte atau setara tiga komputer. Tuh lebih hebat kan otak manusia. Jangan lupa juga untuk sering mengulang pelajaran, agar kita pasti dapat memahami pelajaran dengan baik.

Nah disini juga menjadi peran orang tua, guru, atau pengajar untuk selalu mendukung dan berikan apresiasi anaknya untuk terus semangat dalam memahami pelajaran. Jangan pernah mengucilkan anak kita. Karena secara tidak langsung rasa semangat anak dalam belajar pasti dibunuh.

Ingat !!!. Memahami pelajaran itu, bagaikan air yang akan dimasukkan ke dalam botol. Jika airnya dapat masuk ke dalam botol dengan baik, maka botolnya harus dikosongkan terlebih dahulu. Untuk kita yang ingin memahami pelajaran dengan baik, maka perasaan kita harus rendah hati terlebih dahulu. Jika kita tinggi hati, mana mungkin kita dapat memahami pelajaran dengan baik.

Walaupun kita terkadang masih sulit memahami pelajaran, ingatlah bahwa disamping kesulitan ada kemudahan.

Tetap semangat !!! You can do it !!!
Semoga menginspirasi J

      


        

Komentar