Good afternoon!!
Hari ini Aku mau kasih tips tentang “Tips Memilih Jurusan Kuliah”

Tips Memilih Jurusan Kuliah :       

Sesuaikan dengan Minat, Bakat , & Cita-cita Anda

Sesuaikan jurusan kuliah yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika gak suka dengan pelajaran bahasa, maka jangan mengambil jurusan sastra. Kemudian lihat bakat Anda , dan kembangkan bakat Anda dengan rasa suka pada jurusan yang Anda suka akan menjadi pilihan yang tepat. Sesuaikan juga dengan Perguruan Tinggi yang Anda mau pilih.

Informasi yang Sempurna

Cari, dan gali informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan kuliah di Perguruan Tinggi dari banyak sumber, seperti orang tua, guru, saudara, teman les, kakak kelas, dsb. Memilih jurusan kuliah jangan ikut-ikutan trend atau terpengaruh orang lain. Mencari jurusan kuliah di Internet juga tepat, karena internet juga media yang tepat dan bebas untuk sharing dengan orang yang ada di dalamnya tentang apa yang Anda ingin ketahui.

Lokasi & Biaya

Ini pasti banyak pertimbangan dengan lokasi dan biaya. Buat orang yang ekonominya menengah keatas, tentu jurusan yang Anda pilih apapun no problem. Biaya yang ditanggung dari biaya hidup, pengeluaran studi, lokasi tempat tinggal akan terselesaikan dengan mudah.Tapi buat orang yang ekonominya menengah ke bawah, pasti banyak perhitungan, dan pertimbangan. Jika punya biaya terbatas, maka pilih lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau pilih lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga pastinya biaya kuliah yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak memberatkan perekonomian Anda. Jika biayanya gak cukup, cari beasiswa, kerja part-time, keringanan, atau sponsor yang dapat mencukupi biaya Anda untuk kuliah. Jangan jadikan biaya sebagai faktor penghambat Anda untuk meraih masa depan yang cerah.

Peluang Diterima Jurusan

Perhatikan daya tampung jurusan di PTN/PTS favorit. Karena mereka masing-masing punya kuantitas/jumlah yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan memaksakan diri Anda untuk masuk kuliah di tempat tertentu dan jurusan tertentu yang favorit. Karena itu membuat Anda menjadi stress bila gak diterima. Buat banyak pilihan tempat kuliah dengan jurusannya. Ukurlah kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang Anda diterima pada suatu jurusan di Perguruan Tinggi yang Anda pilih. Adanya SNMPTN,SBMPTN,UMPTN,dsb dapat menjegal masa studi Anda bila tidak persiapkan secara maksimal.Pelajari soal-soal seleksi, dan ikuti try out sebagai percobaan dalam mengukur kemampuan yang Anda miliki.Tapi jangan minder dengan hasil yang didapat.

Masa Depan Karir

Lihatlah ke depan setelah Anda lulus nanti. Apakah jurusan kuliah yang Anda pilih dapat menghantarkan Anda untuk mendapatkan karir yang baik?. Banyak jurusan yang mereka ambil, mereka setelah lulus jadi menganggur. Tidak hanya jurusan yang Anda pilih dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini perusahaan mencari tenaga kerja untuk dapat bekerja di perusahaan gak melihat latar pendidikan tapi pengalaman. Biarkan hati nurani dan pikiran yang dapat mengungkapkan tanpa ada campur tangan dari orang lain. Yang pasti kosultasikan kepada orang tua, guru, kakak kelas, dsb. Memilih jurusan sangat menentukan masa depan Anda.

Ok!. Ini tips dari aku. Semoga bermanfaat. Semoga kalian bisa menggapai masa depan cerah. Amin..

Thank you so much.



See you…

Komentar

Postingan populer dari blog ini